4 Syarat yang Harus Diperhatikan saat Beli Apartemen

206 views

Memiliki hunian di perkotaan yang praktis tampaknya menjadi tren beberapa tahun ke belakang. Pasalnya, orang-orang lebih memilih memiliki hunian vertikal seperti apartemen ketimbang rumah tapak. Selain karena alasan logis seperti ketersediaan lahan, mereka juga beralasan hal ini untuk investasi jangka pendek. Ya, sudah sama-sama kita ketahui bahwa apartemen sering dijadikan investasi.

Setiabudi-Residence-High-Zone-147-Sqm-3BR-Read-more-at-http-www-rumah123-com-detil-apartemen-di-Jakarta-Selatan-Indonesia

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membeli hunian masa kini, Anda harus tahu dulu syarat-syarat yang wajib ada dalam pembelian hunian ini. Syarat-syarat ini harus ada agar Anda tak mendapat masalah di kemudian hari dengan status tempat tinggal Anda. Lalu, apa saja syarat tersebut? Cek jawabannya di sini!

1. Perjanjian Jual Beli
Syarat yang paling utama saat Anda membeli sebuah hunian vertikal adalah surat perjanjian jual beli yang merupakan perjanjian kedua belah pihak. Saat Anda membeli sebuah hunian atau properti lainnya, harus ada bukti fisik yang kuat sebagai perjanjiannya. Surat pertanjian jual beli ini biasanya disebut sebagai PPJB atau Perjanjian Pengikatan Jual Beli.

PPJB ini adalah dokumen yang berisi kesepakatan antara penjual dan pembeli disertai dengan tanda jadi yang sah. Perjanjian jual beli ini harus dilakukan di depan pejabat pembuat akta tanah dan diperkuat dengan materai serta disahkan oleh notaris. Meski begitu, PPJB ini sifatnya hanya sementara. Bla Akta Jual Beli keluar, surat ini tidak berlaku lagi.

2. Kelengkapan Dokumen
Syarat selanjutnya yang harus ada dalam proses jual beli hunian adalah kelengkapan dokumen. Sebagai pembeli, Anda harus jeli dalam melihat kelengkapan dokumen properti yang akan Ada miliki. Gunanya, agar hunian yang Anda miliki legal dan tidak memiliki masalah yang pasti akan membuat kepala berdenyut di kemudian hari.

Adapun dokumen yang harus ada saat proses jual beli apartemen ini dilakukan adalah izin prinsip, izin lokasi, izin mendirikan bangunan atau IMB, serta izin kelayakan unit apartemen. Jika transaksi sudah berlangsung dan tahapnya sudah selesai, pembeli harus memiliki dokumen berupa PPJB, SP, serta kwitansi pembayaran angsuran dari booking fee.

Selain itu yang perlu diingat, Anda juga harus memiliki print out tanda lunas PBB dari kantor pajak serta beberapa dokumen dasar lainnya yang diperlukan. Dokumen yang lengkap ini akan sangat efektif dalam menghindarkan Anda dari masalah dengan hunian vertikal yang Anda beli di kemudian hari.

3. Sertifikat Hak Milik
Syarat yang harus Anda perhatikan dalam proses jual beli hunian vertikal yang harus ada selanjutnya adlah sertifikat hak milik. Sebelum membeli, Anda harus memastikan bahwa pengembang memiliki sertifikat ini serta sertifikat hak guna bangunan. Sertifikat ini adalah bukti legal yang menyatakan unit apartemen telah dipisah sesuai dengan bagiannya.

Sertifikat ini biasanya meliputi salinan buku tanah, surat ukur tanah, serta gambar denah bangunan tiap satuan apartemen. Jadi, dengan adanya dokumen ini, Anda bisa yakin dengan legalitas dari pengembang tersebut dan tidak akan menimbulkan masalah seperti kasus hukum kepemilikan yang bisa jadi menyangkut Anda.

4. Akta Jual Beli
Hal yang harus ada selanjutnya dalam proses jual beli hunian vertikal adalah akta jual beli. AJB ini adlah bukti otentik yang dibuat notaris sebagai bukti pengalihan hak guna tanah dan bangunan. AJB ini juga harus disertai dengan pengalihan nama menjadi nama pembeli. Dengan begitu penjual tidak memiliki hak lagi atas bangunan apartemen yang dijualnya.

Tips Memilih Hunian Vertikal yang Baik
Hanya ada 4 syarat kah? Iya, benar sekali. Jadi, pastikan benar-benar bahwa syarat tersebut terpenuhi ya. Setelah mengetahui beberapa syarat yang harus ada saat proses jual beli hunian vertikal, sekarang ada baiknya Anda mengetahui cara memilih hunian vertikal yang baik. Hal yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan hunian yang paling bagus tentu saja dengan melakukan riset.

Riset ini sangat penting hukumnya agar Anda bisa mendapatkan hunian yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Tidak susah. Cukup lakukan riset sederhana saja. Anda juga bisa memilih hunian berdasarkan view-nya. Kebanyakan dari pengguna hunian vertikal lebih senang memiliki hunian yang menghadap gunung atau tengah kota yang indah.

Memiliki hunian dengan view indah seperti ini pastinya akan membuat suasana tempat tinggal Anda lebih nyaman. Berada di dalam ruangan pun tidak seburuk kelihatannya lagi. Sebaiknya, Anda juga menggunakan informasi dan jaringan yang ada untuk mendapatkan informasi mengenai hunian di sekitar Anda. Informasi ini bisa Anda dapatkan darimana saja. Bisa dari teman, rekan kerja, saudara dan masih banyak lagi.

Memiliki hunian kekinian seperti apartemen sudah pasti jadi pilihan sekaligus kebanggaan kebanyakan masyarakat perkotaan. Nah, bagi Anda yang sedang mencari hunian vertikal yang bagus dan layak, Anda bisa mengunjungi www.rumah.com. Situs ini menyalurkan berbagai hunian terbaik. Mulai dari rumah tapak, hunian vertikal, ruko dan masih banyak lagi.

Leave a reply "4 Syarat yang Harus Diperhatikan saat Beli Apartemen"