6 Tips Jitu Kredit Mobil Paling Aman untuk Amatir

293 views

6-tips-membeli-mobil-untuk-pemula

Memiliki mobil sendiri seringkali terhalang dengan biaya yang belum mencukupi. Untuk itulah menggunakan kredit bisa dijadikan solusinya. Hal ini bukannya tanpa halangan maupun resiko terutama bagi mereka yang masih pemula. Apabila tidak hati-hati maka yang bisa muncul adalah berbagai masalah. Ada baiknya menggunakan tips kredit mobil paling aman untuk amatir ini.

  1. Pahami Pihak yang Menyediakan Kredit

Kredit memang telah menjadi hal lumrah tapi bukan berarti bisa dilakukan secara sembrono. Memahami pihak yang menyediakan kredit bisa dijadikan langkah pertama. Perlu diketahui bahwa ada dua pihak yang biasa menyediakan jasa kredit untuk mobil. Pihak pertama adalah pihak perbankan yang dikenal secara umum. Pihak kedua adalah lembaga pembiayaan.

Untuk pihak yang pertama memang tidak dikenal terlalu umum untuk bisa memberikan kredit mobil. Dibutuhkan banyak persyaratan dan persetujuan sebelum kemudian kredit dikucurkan. Lain cerita dengan pihak kedua yang memang sudah lama dikenal lebih mudah untuk bisa melakukan kredit mobil oleh pelanggannya.

  1. Pilih Mobil Sesuai Dana

Memilih mobil yang disuka pastilah kegiatan menyenangkan tapi juga harus diimbangi dengan dana yang tersedia. Perlu diketahui bahwa setiap mobil tentu memiliki ketentuan masing-masing ketika melakukan kredit. Berangkat dari hal tersebutlah, pilihlah mobil sesuai dana dan juga kemampuan anda dalam melakukan kredit. Jangan sampai terjadi kredit macet di tengah jalan.

  1. Lakukan Survey Harga

Langkah berikutnya adalah melakukan survey harga pada mobil yang ingin dikredit. Tahap ini penting karena bermanfaat untuk membandingkan harga terbaik dari setiap mobil yang diinginkan. Melakukan survey pada dealer yang terpercaya bisa dilakukan. Hal ini dilakukan agar anda memiliki wawasan yang cukup dalam memilih mobil yang akan dikredit.

  1. Siapkan Uang Muka

Uang muka atau DP biasanya berada di rasio 20 hingga 30 persen dari harga keseluruhan mobil tersebut. Semakin besar harga mobilnya maka uang muka juga harus disiapkan semakin besar. Selain uang muka maka persiapkan juga dana untuk biaya tambahan lainnya yang pasti diperlukan. Salah satu yang paling utama adalah biaya administrasi dalam mengkredit mobil.

  1. Pilih Jangka Waktu Kredit Terbaik

Kredit mobil agar tidak terlalu berat juga harus memperhatikan jangka waktu kreditnya. Semakin lama jangka waktunya tentunya beban biaya yang ditanggung juga semakin banyak. Hal tersebutlah yang membuat Anda harus memikirkan baik-baik untuk memilih jangka kreditnya. Cocokan dengan pendapatan bersih yang Anda miliki setiap bulannya.

Jangka waktu kredit untuk mobil sendiri terbilang bermacam-macam. Ada yang satu tahun hingga tiga. Bahkan beberapa waktu kebelakang ini sudah ada beberapa lembaga yang menawarkan kredit mobil dalam jangka waktu 5 tahun. Hal yang perlu diingat adalah jangan memaksakan kemampuan keuangan anda. Tentukan mana yang paling terbaik dari opsi tersebut.

  1. Pilih Suku Bunga

Suku bunga kredit tentunya bermacam-macam jenisnya. Kembali lagi ke awal, lembaga mana yang Anda pilih untuk melakukan kredit mobil. Secara teknis sendiri, suku bunga terbagi menjadi dua jenis. Pertama adalah suku bunga tetap atau flat rate sedangkan yang kedua adalah suku mengambang atau floating rate.

Jadi meskipun Anda seorang amatir dalam hal kredit mobil, jangan langsung berkecil hati. Mempelajari poin-poin yang telah dijabarkan di atas bisa menjadi langkah pertama Anda. Hanya saja jangan pernah lupakan bahwa melakukan kredit juga harus mempersiapkan segala hal. Terutama penghasilan dan kemampuan Anda dalam mengolahnya dengan baik.

Leave a reply "6 Tips Jitu Kredit Mobil Paling Aman untuk Amatir"