Ingin Beli Mobil Bekas Murah? Ketahui Dulu Cara Perawatannya Agar Performanya Tetap Optimal!

Ada banyak alasan yang membuat masyarakat lebih tertarik untuk membeli mobil bekas murah dibandingkan dengan yang baru, mulai dari tawaran harganya lebih hemat, begitu juga jika melihat dari segi kualitasnya, banyak diantaranya yang tak kalah saing dibandingkan dengan produk baru. di pasaran sendiri juga tak jarang sebenarnya diantara dealer yang menjual koleksi kendaraan bekas ini, konsumen bisa dengan mudah pilah-pilih barangnya sesuai dengan keinginan.

 cara-merawat-mobil-bekas-paling-gampang-bikin-performa-tetap-garang

Memiliki kendaraan sendiri agaknya memang memberikan banyak nilai lebih dibandingkan dengan menggunakan sarana transportasi umum, sehingga jika memang mampu untuk membelinya, baik itu secara tunai maupun kredit, pertimbangkan untuk digunakan dalam menjalankan berbagai macam pekerjaan sehari-hari, harga mobil second ini di pasaran sendiri tak jarang diantaranya yang bisa turun sampai dengan 50% lebih hemat dibandingkan dengan yang baru, apa salahnya untuk membeli jika kondisinya sendiri masih bagus.

Hanya saja karena memang mobil bekas ini sudah digunakan dalam jangka waktu tertentu oleh pemilik sebelumnya tak jarang diantaranya beberapa masalah yang kerap terjadi, adapun merawat mobil second ini berbeda dengan kendaraan baru, berikut ini diantara beberapa hal yang wajib untuk Anda lakukan untuk merawatnya agar performanya juga tetap mumpuni dipakai berkendara setiap hari, diantaranya adalah:

  1. Periksa setiap onderdil atau komponen kendaraan secara rutin, khususnya bagian-bagian yang paling sering minta diganti seperti rem, oli sampai dengan ban, pastikan bahwa semuanya dalam kondisi yang baik sebelum nantinya digunakan untuk berkendara, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  2. Gantilah oli secara rutin, mobil yang sudah dipakai dalam jangka waktu lama umumnya akan mengalami beberapa masalah khususnya di bagian pelumas ini, bukan tanpa alasan, melainkan karena pelumas atau oli akan jauh lebih cepat habis ketika digunakan berkendara dibandingkan dengan yang masih baru. untuk itu maka pastikan melakukan pergantian secara teratur, karena jika oli sudah habis namun tak kunjung diganti maka antara satu komponen dengan yang lainnya lebih mudah saling bergesekan dan bisa memicu terjadinya kerusakan.
  3. Periksa bagian radiatornya, fungsi radiator adalah untuk mendinginkan mesin, jika radiator tidak berfungsi sebagaimana mestinya maka mesin mobil akan jadi semakin cepat panas bahkan mati mendadak atau yang dikenal juga dengan istilah overhead. Untuk itu harus selalu dicek kondisinya, pastikan tidak ada yang mengalami kebocoran atau masalah yang lebih serius. Biasanya masalah pada radiator ditandai dengan mobil yang mudah mogok ketika panas.
  4. Mengganti timing belt, fungsinya adalah untuk meneruskan putaran dari roda-roda gigi yang dihubungkan oleh bagian dalam mesin, biasanya ketika dipakai berkendara sampai dengan jarak 40.000 km maka timing belt kondisinya sudah tidak sebagus dulu, sehingga harus diganti dengan yang baru agar bisa bekerja maksimal.
  5. Gantilah ban secara rutin, semakin sering digunakan maka ban ini akan kian tipis, akan sangat berbahaya dipakai untuk jalanan yang terjal atau bahkan dalam kondisi hujan, karena rentan menyebabkan kendaraan tersebut terperosok. Untuk itulah maka ban harus selalu diperiksa kondisinya dan ganti jika sudah menunjukkan penipisan atau sudah terlalu sering ditambah.
  6. Perawatan bagian luar juga sangat penting, apalagi jika sudah mulai terlihat kemungkinan muncul karat pada kendaraan, maka harus dipoles agar karat tidak muncul.

Merawat mobil bekas agaknya lebih sulit dibandingkan dengan mobil baru jika ingin performanya tetap optimal.

Leave a reply "Ingin Beli Mobil Bekas Murah? Ketahui Dulu Cara Perawatannya Agar Performanya Tetap Optimal!"