Internet Marketing dan Kesalahan Strategi yang Harus Dihindari

198 views

Saat ini untuk marketing atau untuk pemasaran tidak hanya lewat cara konvensional misalnya menggunakan banner, iklan di TV, radio, media cetak namun juga menggunakan internet. Dengan pemasaran lewat internet, penjualan bisa meningkat dengan drastis sehingga pendapatan juga meningkat. Namun, melakukan internet marketing tidak semudah yang diperkirakan karena kesalahan berikut kerap dilakukan terutama yang masih pemula di dunia marketing online.

Internet-Marketing-Sebagai-Bisnis-yang-Menjanjikan

Pertama adalah tidak menggunakan dan mengoptimalkan SEO. Search engine optimized tidak hanya membantu untuk meningkatkan ‘kesempatan’ lebih banyak di halaman pencarian kala pengguna internet memasukkan kata kunci yang berkaitan dengan website tersebut, namun juga meningkatkan penjualan. Hal tersebut disebabkan karena jika SEO tidak optimal, maka pengguna internet tidak tahu mengenai website Anda dan produk yang dijual di online shop tersebut tidak dikenal oleh orang sehingga tidak ada yang membeli produk tersebut. Pengoptimalan SEO bisa dilakukan dengan beragam cara dan salah satunya adalah dengan meningkatkan kualitas konten website serta penggunaan kata kunci yang tepat.

Kedua adalah asal menggunakan media sosial sebagai sarana untuk marketing. Media sosial memang menjadi media yang ampuh untuk marketing akan tetapi asal-asalan dalam membuat dan memasang iklan bisa merugikan anda tidak hanya dalam hal waktu namun juga dalam hal uang. Sebelum Anda membuat iklan di media sosial tersebut, Anda harus menentukan tujuannya terlebih dahulu apakah Anda hanya ingin memperkenalkan produk atau perusahaan, hanya sebatas memberikan informasi atau menawarkan produk agar pengguna media sosial tersebut membeli produk yang ditawarkan.

Dalam pembuatan iklan di media sosial sebagai salah satu strategi internet marketing Anda harus menganalisa dan mengetahui terlebih dahulu media sosial mana yang banyak dipergunakan oleh pelanggan atau calon konsumen Anda sehingga Anda bisa lebih fokus untuk membuat iklan di medsos tersebut. Jangan lupa untuk selalu responsif terhadap pertanyaan konsumen mengenai produk Anda dan lakukan evaluasi sehingga bisa mengetahui apakah pemasaran di internet yang dilakukan tersebut berhasil atau tidak.

Ketiga adalah tidak mengerti cara untuk mengkonversi dari trafik yang ada. Ketika pemasaran online Anda berjalan dengan baik dan memiliki trafik yang besar serta jaringan di media sosial juga sudah kuat, namun tidak bisa memasarkan produk dengan maksimal, maka marketing online yang dilakukan tersebut tidak akan maksimal. Anda harus mengoptimalkan sales di setiap halaman website Anda sehingga pengguna internet bisa masuk ke landing page di website Anda tanpa harus masuk ke halaman depan terlebih dahulu.

Keempat adalah pemilihan waktu yang tidak tepat. Untuk beriklan tidak hanya di media sosial namun juga menggunakan media iklan berbayar, penayangan iklan harus dilakukan di waktu yang tepat. Kesalahan yang banyak dilakukan pemula adalah penayangan iklan yang terlalu banyak dengan tujuan agar iklan tersebut akan lebih banyak dan sering dilihat oleh pengguna internet. Namun hal tersebut justru membuat iklan terlihat seperti spam karena mengganggu. Solusinya, Anda harus menayangkan iklan di saat sasaran pasar Anda banyak yang online. Misalnya jika sasaran pasarnya adalah remaja di Indonesia, maka sebaiknya tayangkan saat sore dan malam hari.

Kelima adalah tidak up to date tidak hanya dalam iklan namun juga riset pasar. Tidak sedikit yang merasa jika iklannya sudah berhasil kemudian menggunakan iklan tersebut dalam jangka waktu yang lama sehingga iklannya hanya itu saja. Kesalahan strategi internet marketing tersebut bisa menyebabkan sasaran pasar menjadi bosan sehingga enggan dan malas untuk meng-klik link iklan tersebut.

 

Leave a reply "Internet Marketing dan Kesalahan Strategi yang Harus Dihindari"