Solusi untuk AC yang Sering Mati-Hidup Sendiri

219 views

Bagi Anda yang memiliki ac di rumah maupun kantor, masalah ac yang satu ini seringkali dikeluhkan. Mati-hidup ac seperti ini biasa dirasakan bagi mereka yang memiliki unit ac jenis split. Kerusakan ac memang suatu hal yang wajar, mengingat barang elektronik memang sudah selayaknya dilakukan service rutin dan memiliki ketahanan pakai yang berbeda-beda.

jasa-service-ac

Melalui artikel ini, Anda akan membaca apa saja penyebab ac yang sering mati-hidup. Kami juga menyertakan solusi dan langkah apa yang harus segera Anda ambil agar menghindari kerusakan yang lebih parah. Simak penjelasannya berikut ini:

  1. Kerusakan termistor

Bagi Anda yang belum tahu, fungsi dari termistor pada ac adalah komponen sensor yang mengatur suhu ruangan. Kerusakan pada termistor biasanya ditandai oleh unit ac yang tidak bisa diremote  dan mati sendiri secara tiba-tiba. Secara normal, termistor akan bekerja dengan cara mengatur suhu ruangan dengan tingkatan tertentu. Lalu ketika suhu ruang sudah tercapai maksimal, termistor akan mengatur agar kompresor berhenti bekerja. Kerusakan ini terjadi karena waktu pemakaian termistor sudah habis dan sudah saatnya harus diganti.

  1. Tombol ON OFF AC tidak berfungsi optimal

Penyebab umum yang sering terjadi adalah kerusakan pada tombol switch on off. Biasanya, kerusakan jenis ini terjadi pada unit ac yang sudah berumur tua. Cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan mengganti switch dengan yang baru dan masalah Anda akan segera teratasi.

  1. Menyalakan timer AC

Keluhan ac yang mati sendiri bukan hanya disebabkan oleh kerusakan pada unit ac. Tetapi bisa juga dikarenakan kelalaian Anda dalam memakai ac. Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh pengguna ac adalah menyalakan timer. Hal tersebut bukan suatu masalah jika memang Anda menyadarinya. Kebanyakan kasus, pengguna ac tidak menyadari jika ac tersebut ada pada mode timer, lalu panic ketika ac yang digunakan mati dengan sendirinya. Pastikan Anda mengecek mode timer sebelum berburuk sangka dengan kondisi ac Anda.

  1. Kompresor rusak

Masalah yang terakhir ini terjadi saat ac Anda bekerja hanya pada rentang waktu yang singkat. Sekitar 10 menit ac Anda akan mati dengan sendirinya, lalu ketika dihidupkan kembali, akan mati lagi di interval pemakaian selama kurang lebih 10 menit. Hal ini disebabkan karena kerja kompresor sudah tidak maksimal sehingga konsumsi daya listrik menjadi lebih tinggi. Satu-satunya cara untuk jenis kerusakan ini adalah dengan memperbaiki kompresor ac. Anda bisa mengidentifikasi kerusakan kompresor dengan rentang waktu lamanya ac Anda bekerja. Jika ac Anda hanya bekerja sekitar 10 menit kemudian mati kembali, bisa dicurigai ada yang salah pada kompresor. Tetapi jika ac Anda mati total, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh teknisi yang berpengalaman.

Keempat penyebab ac mati yang telah kami sebutkan di atas, memiliki tipe kerusakan yang berbeda-beda. Ada beberapa jenis kerusakan yang bisa Anda atasi sendiri, tetapi ada juga yang perlu bantuan teknisi service ac yang sudah berpengalaman.

Bagi Anda yang tinggal di ibukota, rekomendasi service ac Jakarta selatan ini bisa Anda coba. Memilih teknisi yang berpengalaman dan jangkauan yang relatif dekat dengan rumah Anda, akan memudahkan dan mempercepat proses perbaikan dan